Kitab-kitab Suci Agama Khonghucu
Kitab
Suci Agama Khonghucu atau Ji Kau, pada mulanya merupakan kumpulan kitab yang
terdiri dari 13 kitab, sehingga disebut SIP SHA KING / Shi San Jing / Tiga Belas Untaian Kitab. Terdiri
dari :
1.
Ya King / Yi Jing / I Ching ( Kitab Perubahan )
2. Su
King / Shu Jing ( Kitab Hikayat )
3. Sie
King / Shi Jing ( Kitab Sanjak )
4. Ciu
Lee / Zhou Li ( Kitab Kesusilaan )
5. Gie
Lee / Yi Li ( Kitab Kesusilaan & Peribadahan ) atau disebut juga Lee
Ko King
6. Li Gu
Jing ( Kitab Adat Istiadat Kuno )
7. Lee
Ki / Li Ji ( Catatan Kesusilaan )
8. Chun
Chiu Co Twan / Chun Qiu Zuo Zhuan( Tafsir Kitab Chun Chiu oleh Zuo Qiu Ming )
9. Chun
Chiu Kong Yang Twan / Chun Qiu Gong Yang Zhuan ( Tafsir Kitab Chun Chiu
oleh Gong Yang Gau )
10. Chun
Chiu Kok Liang Twan / Chun Qiu Gu Liang Zhuan ( Tafsir Kitab Chun Chiu
oleh Gu Liang Chi )
11. Lun
Gi / Lun Yu ( Kitab Sabda Suci )
12. Hauw
King / Xiau Jing ( Kitab Bhakti )12. Ji Nge / Er Ya ( Kitab Logat )
13. Bingcu
/ Meng Zi ( Kitab Bingcu )
Kemudian Cu
Hi / Zhu Xi (1130 – 1200 M ) – seorang tokoh Dinasti Song – memilahnya
menjadi :
1.
NGO KING / WU JING / LIMA UNTAIAN / HIMPUNAN
KITAB
Adalah Kitab-Kitab Suci yang berasal dari para Nabi Purba dan Raja Suci,
merupakan Kitab-Kitab Suci yang mendasari Agama Khonghucu.
Ngo King ini dihimpun, diedit, dibakukan, disusun, dan terbukukan oleh Nabi
Khongcu.
Terdiri dari :
SIE KING / SHI JING / KITAB SAJAK
Disebut pula Pa King / Pa Jing / Kitab Kuncup Bunga
Didalamnya kita dapati bagaimana iman terhadap Thian / Tuhan diagungkan.
Terdiri dari 39.222 huruf.
Dirintis oleh Ki Tan atau Ciu Kong Tan.
Sajak-sajaknya adalah: Hong ( Nyanyian Rakyat ), Hut ( Cerita ), Pi (
Perumpamaan ), Hien ( Sindiran / Sanjungan ), Nge ( Pujian ), Siong ( Pemujaan
/ Puja ).
Nabi Khongcu menghimpun 3000-an sajak, tetapi hanya 311 buah sajak saja yang
diambil. Kini hanya tinggal 305 buah sanjak, karena 6 buah sajak ( no. 171,
172, 173, 174, 206, 209 ) telah hilang.
Sajak yang tertua dari Dinasti Siang 1766-1122 SM, yang termuda dari jaman Raja
Muda Ciu Ting Ong ( 605-586 SM).
Sie King dibagi menjadi 4 Bab, yakni :
- Kok Hong / Guo Feng / Nyanyian Rakyat atau Adat Istiadat
15 Buku 160 Sajak
- Siu Nge / Xiau Ya / Pujian Kecil, pengiring upacara di istana.
8 Buku 80 Sajak
- Tai Nge / Da Ya / Pujian Besar kepada Nabi Ki Chiang / Bun Ong
3 Buku 31 Sajak
- Siong / Song untuk mengiringi upacara peribadahan
3 Buku 40 Sajak
Setelah terjadi pembakaran Kitab-Kitab oleh Chien Sie Ong / Chin Shi Huang,
para cedekia di Jaman Dinasti Han mengumpulkan sajak-sajak yang tercecer. Ada
beberapa macam Kitab Sajak yang berhasil dihimpun oleh mereka. Yaitu:
1. Lo Sie / Lu Shi, Sie King dari Negeri Lo.
Susunan Sien Pwee atau Sien Kong / Shen Gong pada Jaman Han Bu Tee ( 140-87 SM
). Sien Pwee memperolehnya dari Hau Kiu Poo ( Negeri Cee ), guru Khong An Kok /
Kong An Guo, keturunan Nabi Khongcu, tokoh aliran kuno.
2. Cee Sie / Qi Shi, Sie King dari Negeri Cee.
Susunan Wan Gong / Yan Gong, pada jaman Han King Tee ( 156-141 SM ), hidup
sampai jaman Han Bu Tee dalam usia lebih dari 90 tahun. Murid terkenal Heho
Sicong.
3. Han Sie / Han Shi, Sie King dari Negeri Han.
Disusun oleh Han Ing / Han Ying, orang Negeri Yan pada jaman Han Bu Tee (
179-157 SM ).
4. Mo Sie / Mau Shi, Sie King orang Negeri Mo.
Disusun oleh Mo Hing / Mau Heng, orang negeri Lo.
Dilanjutkan oleh Mo Tiang / Mau Chang.
Inilah Sie King yang terkenal sampai sekarang. Disamping lestari, juga
dipercaya keasliannya.
Sam Jie King Cu Kai Pwee Yau – Kitab Tiga Huruf – menyebut versi ini :
Khongcu ® Cu Kong ® Lo Sien ® Kwie Khok ® Bing Tiongcu ® Khien Locu ® Sun Khing
/ Suncu ® orang Dinasti Han ® Mo Hing & Mo Tiang.
2.
SU KING / Shu Jing / Kitab Hikayat
Merupakan kitab dokumentasi sejarah suci.
Disebut juga Sio Si / Shang Shu / Kitab Mulia dan Cai King / Zai Jing / Kitab
Tarikh / Buku Jaman dan Piet King / Bi Jing / Kitab Tembok.
Disebut Kitab Tembok karena berhasil dilestarikan oleh karena adanya penemuan
kitab ini di dalam dinding rumah keluarga Nabi Khongcu. Dan Khong An Kok adalah
keturunan Nabi Khongcu yang pada waktu itu mendapat perintah dari Raja Han Bu
Tee untuk mengkonsolidasikannya.
Kitab ini disusun oleh Nabi Khongcu dari Jaman Tong Giau (2357 – 2255 SM )
sampai Raja Muda Chien Bok Kong pada jaman Raja Ciu Siang Ong ( 651 – 618 SM ).
Bagaimana Nabi Khongcu membukukannya, tersurat di dalam Tiong Yong XXVII dan Lun
Gi II:9.
Su King terdiri dari 25.700 huruf, tersisa 58 Bab.
Terdiri dari 4 Buku 6 Jilid, yaitu :
1. Gi su, 5 Bab, Hikayat Tong Giau ( 2357 – 2255 SM ) & Gi Sun (
2255 – 2205 SM ) Didalamnya terdapat Giau Tian ( perundangan Baginda Giau ) dan
Sun Tian ( perundangan Baginda Sun ).
2. He Su, 4 Bab, Naskah-Naskah Dinasti He ( 2205 – 1766 SM ).
3. Siang Su, 17 Bab, Naskah-Naskah Dinasti Siang ( 1766 – 1122 SM ).
4. Ciu Su; A, B, C; 32 Bab, Naskah-Naskah Dinasti Ciu ( 1122-255 SM ).
3.
YA KING / Yi Jing / I Ching / Kitab Perubahan.
Nama lainnya adalah Kitab Hie King / Yi Jing / Kitab Tanda-Tanda atau Simbol.
Terdiri dari 24.707 huruf.
Merupakan Kitab Super yang universal. Banyak hal tersembunyi dalam tanda-tanda
dan simbolnya yang ajaib dan gaib.
Dalam sejarahnya, Kitab ini paling utuh, bahkan Chien Sie Ong pun tidak
mengganggu.
Kitab ini tentang Tuhan, Bu Kik, Tay Kik, Im Yang, Pat Kwa yang dimulai dari
Nabi Purba Hok Hie.
Dalam bentuk awal, ini sama dengan diagram Pat Kwa, yang terdiri dari trigram
kombinasi -- dan - - yang merupakan 8 trigam, dimana bila didrive menjadi 64
hexagram.
Ini disempurnakan dengan memberi teks pada :
- Tiap Kwa yang disebut : Thwan oleh Bun Ong.
- Tiap Ngau yang disebut : Ciang oleh Ciu Kong.
Kitab Ya King ini digenapkan dalam tafsir pengertian / penjabaran dan
penjelasan / uraian yang disebut : Sip Ik / Shi Yi oleh Nabi Khongcu.
4.
LEE KING / Li Jing / Kitab Kesusilaan.Juga
disebut dengan Tay King / Dai Jing / kumpulan orang Marga Tay.
Terdiri dari 99.020 huruf.
Sebenarnya oleh Nabi Khongcu dipilih menjadi 3 bagian, yaitu :
· CIU LEE / Zhou Li / Kitab Kesusilaan Dinasti Ciu.
Merupakan susunan Nabi Ciu Kong Tan.
Di dalamnya terdapat uraian tentang Liok Kwan / Liu Guan / Enam Departemen,
yang merupakan Aturan Tata Negara Dinasti Ciu.
Pada jaman Kerajaan Han, disebut juga sebagai Ciu Kwan / Zhou Guan yang
sebelumnya dikenal sebagai Ciu Kwan Lee / Zhou Guan Lie.
· GI LEE / Yi Li / Kitab Kesusilaan dan Peribadahan.
Merupakan Kitab Adat Istiadat, disusun oleh Ciu Kong Tan.
Berisi tata agama dan tata laksana peribadahan Dinasti Ciu.
Yaitu tentang pembaliqan, perkawinan, perkabungan & persembahan, upacara
perjamuan, dan sebagainya.
Kitab ini dipakai oleh Nabi Khongcu sebagai referensi acuan dalam Kesusilaan.
Dinamai pula Lee Ko King / Li Gu Jing / Kitab Kesusilaan Kuno.
· LEE KI / Li Ji / Catatan Kesusilaan.
Himpunan tulisan yang mengandung nilai moral dan agamis yang berdasarkan agama
Ji. Sekaligus uraian dan tafsir atas 2 Kitab terdahulu.
Mula-mula merupakan sisa-sisa himpunan yang berasal dari Nabi Khongcu dan
murid-murid langsung, yang oleh Hoo Cong ( Dinasti Han ) dikumpulkan menjadi
214 Bab / Tulisan / Buku. Lalu, atas pemeriksaan Murid Hoo Cong bernama Tay Tik
/ Dai De, disingkirkan yang diragukan, yang tidak / bukan berasal dari Ajaran
Nabi Khongcu, sehingga tinggal 85 Bab. Disebut dengan Tay Tik Thie / Dai De Ti
atau Tai Tay Lee / Da Dai Li.
Oleh keponakan Tay Tik-yakni: Tay Sing / Dai Sheng-diseleksi lebih lanjut,
sehingga tinggal 46 Bab. Disebut dengan Sia Tay Lee / Xiao Dai Li.
Dan Tokoh-Tokoh Khonghucu Dinasti Han menambah 3 Bab, yaitu Bing Tong / Ruang
Gemilang ( no.14 ), Gwat Ling / Pedoman yang menyangkut Almanak ( no.6 ) dan
Gak Kie / Catatan Musik ( no.19 ), sehingga jumlahnya ini menjadi 49 Bab.
Kitab Thai Hak dan Tiong Yong, juga terdapat dalam Lee Ki Bab 42 dan 31.
5.
CHUN CHIU KING / Chun Qiu Jing / Kitab Chun
Ciu.Disebut
juga dengan nama LIEN KING / Lin Jing / Kitab Kilin, karena Nabi Khongcu
mengakhiri tulisan dengan peristiwa terbunuhnya Sang Kilin.
Terdiri dari 18.000 huruf.
Ditulis murni dan langsung oleh Nabi Khongcu.
Merupakan risalah dan kronik, suatu pengadilan jaman.
Ini adalah thesis Nabi Khongcu ( Lihat : Bingcu III B:8, IVB:21, VIIB:2 ).
* Jaman Chun Ciu ( 722 – 481 SM )
Adalah jaman melemahnya Dinasti Ciu ( 1122 – 248 SM ), dengan raja seperti:
·
Ciu Lee Ong ( 878 – 827 SM ), yang bodoh dan semena-mena.
·
Ciu Yu Ong ( 781 – 770 SM ), yang lemah dan suka hura-hura.
·
Dimana, hanya karena ingin melihat selirnya bernama Pau Su
tertawa, maka hancurlah ibu kota diserang musuh.
·
Ciu Ping Ong ( 770 – 719 SM ) memindahkan ibu kota yang hancur ke
timur ( Lok Yang ), disebut Tang Ciu / Dong Zhou / Ciu Timur.
Ciu Ping Ong mejadi raja yang
gila hormat dan akhirnya cuma jadi raja boneka.
Jadilah Jaman Kalut / Chun Chiu. Kekuasaan jatuh ke tangan para raja muda
pemimpin ( Pa ) yang akhirnya mengangkat diri menjadi raja ( Ong ). ( Setelah
jaman ini, dikenal Jaman Cian Kok / Zhan Guo / Jaman Peperangan ( 403 - 321 SM
) dengan Chien Sie Ong sebagai pemenangnya; mendirikan Dinasti Chien ).
* Ada 3 Kitab Tafsir yang terkenal menjadi pelengkap atas Kitab Chun Ciu ini,
yaitu:
1. CHUN CHIU CO TWAN oleh Co Kiu Bing / Zo Qiu Ming.
Beliau adalah sahabat sekaligus “murid” Nabi Khongcu, orang Negeri Lo. Tafsir
ini paling cocok dan uraiannya sama dengan Kok Gi / Guo Yi. Sering dijadikan
satu dengan Chun Ciu King karena paling dekat.
2. CHUN CHIU KONG YANG TWAN oleh Kong Yang Ko / Gong Yang Gau,
orang Negeri Lo, pada akhir Dinasti Ciu, Jaman Cian Kok. Murid perguruan Cu He.
3. CHUN CHIU KOK LIANG TWAN oleh Kok Liang Chik / Gu Liang Chi,
orang Jaman Awal Dinasti Han. Juga murid perguruan Cu He.
B. SU SI / Shi Su / Empat Buku.
Adalah Kitab Suci yang langsung bersumber pada Nabi Khongcu hingga Bingcu.
Merupakan Kitab Suci yang pokok dalam Ji Kau.
Kitab Suci ini terhimpun dan terbukukan dari Nabi Khongcu oleh para penerusnya.
Terdiri dari :
1. KITAB THAI HAK / Da Xue / Kitab Ajaran Besar.
Ditulis oleh Cingcu / Zheng Zi atau Cham / Can alias Cu I / Zi Xing, murid Nabi
Khongcu dari angkatan muda.
Terdiri dari 1 Bab utama 10 Bab uraian, 1753 huruf + 134 / V.
Merupakan Kitab Tuntunan Pembinaan Diri.
Dan yang tersurat pada Bab Utama adalah ayat langsung dari Nabi Khongcu
sendiri.
2. KITAB TIONG YONG / Zhong Yong / Kitab Tengah Sempurna.
Ditulis oleh Cu Su / Zi Si alias Khong Khiep, cucu Nabi Khongcu.
Terdiri dari satu Bab utama 32 Bab uraian, 3.568 huruf.
Merupakan Kitab Keimanan bagi Umat Ji.
Dan yang tersurat pada Bab Utama adalah ayat langsung dari Nabi Khongcu sendiri.
3. KITAB LUN GI / Lun Yu / Kitab Sabda Suci.Merupakan kumpulan tulisan
percakapan dan diskusi, terutama antara Cingcu dengan Yucu.
Terdiri dari A dan B, masing-masing 10 Bab, sama dengan 20 Bab, 15.917 huruf.
Seluruh aspek tentang Nabi Khongcu dan Ajarannya, selaku Bok Tok / Genta Rohani
kita dapati dalam Kitab ini.
4. KITAB BINGCU / Meng Zi / Kitab Bingcu.
Sebagian ditulis Bingcu sendiri, sebagian merupakan catatan Ban Ciang / Wan
Zhang dan Khongsun Thio / Gong Sunchou, murid-muridnya.
Terdiri dari 7 Bab, masing-masing A dan B, 35.377 huruf.
Adalah kumpulan tulisan yang mencatat percakapan Bingcu dangan para raja-raja
jaman itu, tokoh-tokoh berbagai aliran dan murid-muridnya.
Merupakan penegasan Bingcu dalam menegakkan Kemurnian Ajaran Agama Khonghucu.
Selain Kitab Ngo King dan Su Si, ada 1 kitab lagi yang tidak boleh tidak
dipentingkan. Dahulu kitab ini menjadi satu rangkaian di dalam Sip Sha King,
yaitu:
HAUW KING / Xiao Jing / Kitab Bakti.
Ditulis oleh Cingcu, murid Nabi Khongcu.
Terdiri dari 18 Bab.
Berisi percakapna Nabi Khongcu dengan Cingcu.
Merupakan Ajaran tentang Berbakti dan Memuliakan Hubungan.
Jaman dahulu, seorang murid wajib memulai pendidikan dengan belajar Hauw King,
baru kemudian belajar Su Si dan terakhir Liok King / Liu Jing / Enam Untaian /
Himpunan Kitab ( atau yang dikenal sebagai Ngo King, karena Kitab Musik / Gak
King telah hilang ).
Tersurat di dalam Ya King,
“Bila hati gundah-gulana pergi-datang, hanya kawan (sejati) menyertaimu
berfikir.” Nabi bersabda,”Akan isi bawah langit ini, apa yang harus difikirkan?
Apa yang harus diresahkan? Isi bawah langit ini semua pulang kepada yang sama
meski berbeda jalan ditempuh; hanya satu tujuan meski ada beratus pemikiran.
Apakah yang harus dipikirkan? Apakah yang harus diresahkan?” (He Su /
Babaran Agung B, Bab V/31)
Ya King menjelaskan sebab musabab kesedihan dan derita.
Biar orang tidak punya guru pelindung,
Ya King beserta bagai ayah dan bunda.
(He Su / Babaran Agung B, Bab III / 55)
Dahulu, Nabi membukukan Ya King oleh bantuan rahasia Cahaya Sang Maha
Roh (Sien Bing) yang telah menciptakan peraturan-peraturan penggunaan
rumput Si (achillea sibirica). (Swat Kwa / Pembahasan Diagram Bab I /1 )
Nabi membukukan Ya King dengan mematuhi pola hukum yang merupakan perwujudan
Watak Sejati dan Firman.
Demikianlah maka menegakkan Jalan Suci Tuhan Yang Maha Esa, yang dinamai Im dan
Yang; menegakkan Jalan Suci Bumi yang dinamai Lemah dan Kuat (Jiu dan Kong);
dan menegakkan Jalan Suci Manusia yang dinamai Cinta Kasih dan Kebenaran (Jien
dan Gie). (Pembahasan I : 4)
sumber : Makin
Komentar
Posting Komentar